Profil

Masyarakat Informasi & Teknologi (MIT) adalah komunitas masyarakat lintas profesi yang peduli dan aktif mensosialisasikan pemanfaatan Teknologi Informasi (TI) yang positif dan produktif. MIT mulai aktif sejak 2009 dan berdomisili di Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh, Indonesia.

Langkah MIT untuk mewujudkan hal itu, antara lain dengan meningkatkan kesadaran,kemampuan dan pemahaman masyarakat terhadap pentingnya menggunakan media TI sebagai alat bantu yang memberikan berbagai kemudahan dalam menyelesaikan pekerjaan, membantu setiap orang dapat terhubung sehingga dapat saling berbagi hal positif dan produktif sehingga konten positif di Internet lebih dominan dibanding konten negatif.

Selain itu, Free & Open Source Software (FOSS) sebagai kunci pembuka akses TI yang murah juga terus disosialisasikan oleh MIT.

Sosialisasi ini dilakukan oleh MIT Indonesia dengan bekerja sama dengan lembaga dan perusahaan lokal ternama seperti Televisi Republik Indonesia (TVRI) Aceh dan Radio Serambi FM Banda Aceh, melaui program-program sosialisasi pemanfaatan IT seperti :

  1. Live Talkshow Mengenal IT di TVRI Aceh (100 Episode s/d thn 2015)
  2. Live Talkshow Serambi Techno di Serambi FM (2011-2013, 20 Episode)
  3. MIT Goes to School (SMA 3 Banda Aceh, SMA 2 Banda Aceh)
  4. MIT Goes to Dayah (Dayah Multimedia Aceh, Dayah Abu Lam U)
  5. MIT Goes to Campus (UIN Arraniry, Unsyiah, LP3I Banda Aceh)
  6. MIT Goes to Gampong (
  7. Diskusi Santai di Warung Kopi (Warkop The Stone)
  8. Riset skala lokal dan nasional*
  9. MIT Award*

*belum terlaksana, terkendala dana.


Sumber  Dana:
Sejak didirikan secara resmi tahun 2010, MIT Aceh belum pernah menerima sumber dana khusus. Sumber dana dan tenaga dalam melaksanakan kegiatan berasal kesukarelaan pengurus dan relawan.
 

Visi:

Mewujudkan Masyarakat Informasi yang Beradab dan Mampu Memanfaatkan Teknologi Informasi dengan positif dan produktif

 

Misi:

1. Melakukan usaha peningkatan kemampuan sumber daya manusia dalam menggunakan Teknologi Informasi dan Komunikasi yang sesuai dengan tuntunan zaman.

2. Meningkatkan pemahaman masyarakat terhadap pelayanan informasi publik baik layanan dari pihak pemerintah maupun swasta.

3. Melakukan berbagai riset dan pengembangan di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi.

4. Meningkatkan pengetahuan dan kemampuan para pihak yang terlibat dalam kawasan yang sulit menerima akses informasi khususnya daerah pedesaan dan kelompok masyarakat yang gagap teknologi.

5. Menciptakan karya dalam Bidang Teknologi Informasi yang bermanfaat bagi masyarakat luas melalui teknologi free dan open source software.

6. Mendorong Masyarakat agar dapat memiliki keahlian di bidang TI sebagai salah satu pendorong jiwa kewirausahaan (Entrepreneurship) menuju Industri Teknologi Informasi di daerah sebagai salah satu pendorong ekonomi rakyat.

7. Meningkatkan mutu pendidikan khususnya guru dan murid sekolah dengan cara memanfaatkan Teknologi Informasi secara maksimal, positif dan produktif.

______________________________________________________________

DEWAN PEMBINA : 

Ketua : Mawardi Hasan, M.Ed

Sekretaris : Azmi Fajri Usman

 

PENGURUS HARIAN : 

  • Direktur Eksekutif : Teuku Farhan 
  • Sekretaris : Twk. Mohd. Iqbal
  • Bendahara : T Muda Syurmansyah, SE
  • Divisi Riset : Dr. Marthunis, M.Sc, M.Ph
  • Divisi Multimedia : Taufik, M.Ed
  • Divisi Humas : Dosi Elfian

 

RELAWAN AHLI : 

  1. Nazaruddin Musa, M.Lis
  2. Muslim Amiren, M.Tech
  3. Qudus Husein
  4. Faisal Dahlan
  5. Zahrul Maizi, ST
  6. Ikhwan Reza
  7. Fakhrizal
  8. Adifatra
  9. Mawardi

 

RELAWAN MUDA :

  1. Fazlul Razi
  2. Multazam
  3. Andi